📓RESUME-NGOBIS📓 KONTRUKSI & PROPERTY👷bersama Muh. Màkmur👷

RESUME-NGOBIS

By, PK-Jateng
bersama Muh. Màkmur

KONTRUKSI & POPERTY
 

Perkenalkan, nama sy Muhammad Makmur. Tinggal diKarangasem, Solo bersama 1 istri, 1 anak dan 85 anak yatim. Bisnis yang digeluti kontruksi dan poperty,  sdh 5 tahun menekuni bidang ini.
Bisnis seperti kehidupan manusia, dari embrio, janin, lahir, proses lahir sampai belajar berjalan ataupun berlari. Semua ada tahapan dan tantangannya hingga mampu melampaui setiap tahapan tersebut.

Bisnis memiliki karakter utk perlu dipahami sehingga mudah untuk mengelolanya. Sepertihalnya bisnis poperty, berbeda karakternya dengan bisnis kuliner ataupun bisnis harian. Yang sy alami, bisnis poperty bisnis 3 bulan an, semester an bahkan tahunan.

Yang casflow, harus kita jaga betul agar bisa.mencover semua pembayaran. Karena banyak bisnis yang jatuh di bisnis ini karena cashflow.

Kalau mau terjun bisnis dipoperty mesti kita tentukan dalam main segmen yang mana rumah mewah menengah atau yang murah sesuai kemampuan dan ketersediaan peluang yang ada. Saya banyak main dimenengah kebawah. Dengan argumen, pasarnya luas, daya serap tinggi, konsumen tidak terlalu ribet, dan banyak insentif disegmen ini.

Bisnis itu seperti permainan bola, jadi pemain atau suporter beda rasanya. Kalau jadi suporter kayaknya main bola mudah, setelah jadi pemain akan tahu rasanya disaingi dalam hal yang kurang mengenakan dan hal itu yang tidak dirasakan ketika jadi suporter.

TSejauh ini, anda mengalami usaha di'sikut' atau jatuh sendiri?
JSetiap usaha ada tantangan internal (manajemen) dan external (pasar, kompetisi, harga,regulasi dll)

TMaksud dari cashflow itu apa ya?
JCashflow=manajemen cash uang

TApa yang diperlukan untuk memulai usaha poperty?
J Mulai property, dengan Kuasai ilmunya
Siapkan lahan
Siapkan manajemen proyek
Siapkan peralatan usaha
Punya badan usaha lebih baik

TBagaimana cara menguasai ilmunya? Apakah usaha fokus didunia poperty?
JSy golongan yg learning by doing. Sy fokus diproperty dan jasa kontruksi.
dan property boom 3 tahun terakhir ini faktor eksternal, sy banyak mengamati dan mendengar dari teman yang bermain property serta ada faktor kecelakaan.
Begini ceritanya
Sy dgn 2 temen beli 4 rumah mangkrak mau sharing dana dan manajemen ternyata ditengah jalan pada balik kanan/mundur, akhirnya 4 rumah tsb. Sy benahi, jual hingga keterusan sampai sekarang.

TTentang anak yatim, bisa diceritakan hingga sampai sekarang 85 anak yatim? Mulai dari kapan concern ke anak yatim?
JSejak muda, berkeinginan punya pesantren kemandirian buat anak yatim. Awal pesantren kilat ramadhan trus buat pesantren modal 5 jt kontrak rumah santrinya 8 lalu dapat tanah wakaf, kita bagun pesantren aitam dingasem colomadu. Baru kami workshop menjahit, koperasi usaha, pertanian,ternak dan toko buat workshop usaha anak2 tsb. Sehingga mereka akan belajar bisnis produktif, dan mandiri.
Mereka yg Bisnis sukses adalah mereka yg kuat bertahan seperti orang menyelam. Kalau hanya dipermukaan tdk banyak yg bs dilihat ketika bs menyelam semakin dalam akan banyak melihat ikan,batu bahkan akan menemukan mutiara.
Untuk menyelam ke laut yg dalam butuh ketahanan, energi, alat memadai, kecakapan dll. Bisnis demikian semakin besar akan semakin banyak. Masalah yg mesti dikelola sebaik mungkin.

TUntuk strategi marketing apa ya?
JTantangan bisnis kedepan adalah di sdm, sdm yg unggul, modal yg paling utama dan berikutnya konsep bisnis yg hebat, biasanya habis itu, uang, dll yang akan ngikut.
Strategi marketing, iklan, ada sdm marketing, outdoor iklan, pameran dan bonus marketing.

 Kita tidak tahu berapa jatah rezeki kita yang terpenting kita membuat plan. Bahwa bisnis ini menjadi jalan dakwah kita di muamalah. Sumber maisyak dan bisa menjadi sarana bagi kita berkhidmat bagi diri, keluarga, bangsa dan ummat ini. Jadikan zakat, infaq, sedekah dan wakaf sebagai ibadah maaliyah ijtimaiyyah kita.

Tidak akan berkurang harta krn itu semua bahkan dan membuat berkembang dan berkah. Banyak silaturahim dan mendekat kepada Allah kita semua meyakini. Jikalau kita beriman bertaqwa Allah akan curahkan rizqi pada kita dari langit bumi dan arah yg tdk sangka dan kita akan ditunjukkan jalan2Nya. Semoga apa yg kita rencanakan n jalani dlm usaha ini cocok dgn rencana Allah. Membawa kebaikan, kemuliaan didunia dan akhirat. Barakalllahufikum. Mohon maaf kalau ada khilaf dan salah
✊
 Gabung Pengusaha Kampus daftar di
http://pengusahakampus.com/index.php?action=register
Salam Pengusaha Kampus

Related

Tips 3990006158474247647

Post a Comment

emo-but-icon

Translate this blog!

Terpopuler

Update!

Komentar

Dapatkan Lebih Cepat

Friends Added

Total Pengunjung

Blog Archive

Sedang Hits

item