Pelajaran dari Tomat Busuk

Pelajaran dari Tomat Busuk

http://image.tempointeraktif.com/?id=102111&width=475
Seorang Ibu Guru SD mengadakan"permainan" Ibu Guru menyuruh tiap² muridnya membawa kantong plastik transparan 1 buah dan tomat.

Masing² tomat tsb diberi nama berdasarkan nama orang yg dibenci, sehingga jumlah tomatnya tidak ditentukan berapa ... tergantung jumlah orang² yang dibenci.

Pada hari yg telah disepakati masing² murid membawa tomat dalam kantong plastik.
Ada yg berjumlah 2, ada yg 3 bahkan ada yg 5. Seperti perintah guru mereka tiap² tomat diberi nama sesuai nama orang yg dibenci

Murid² harus membawa kantong plastik berisi tomat tsb kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun, selama 1 minggu. Hari berganti hari, tomat2 pun mulai membusuk, murid² mulai mengeluh, apalagi yg membawa 5 buah tomat, selain berat baunya juga tidak sedap.

Setelah 1 minggu murid² SD tsb merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir
Ibu Guru : "Bagaimana rasanya membawa tomat selama 1 minggu ?"
Keluarlah keluhan dari murid² SD tsb, pada umumnya mereka tidak
merasa nyaman harus membawa tomat² busuk tersebut kemanapun mereka pergi

Gurupun menjelaskan apa arti dari "permainan" yg dilakukan.
Ibu Guru : "Seperti itulah kebencian yg selalu kita bawa² apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain. Sungguh sangat tidak menyenangkan membawa tomat busuk kemanapun kita pergi"
Itu hanya 1 minggu. Bagaimana jika kita membawa kebencian itu
seumur hidup ? Alangkah tidak nyamannya kehidupan kita. 

Semoga kita bisa mengambil pelajaran berharga dari kisah ini.
Divisi Tarqiyah Imaniyah
PSDM - ODOJ

Related

Motivasi 2666538259289014641

Post a Comment

  1. Nama saya dewi Setiana, warga Indonesia, dari kota surakarta. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman dari Indonesia menjadi sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Emiliana, CEO perusahaan pinjaman Emiliana wilson, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya menghubungi dan dia meminjamkan tanpa jaminan jumlah pinjaman Rp450,000,000 (450.000.000 Indonesia Rupiah) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2% dan mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan dipindahkan langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi Ibu Emiliana melalui email: emilianawilson11@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: setianadewi2020@gmail.com dan Miss Irawati yang memperkenalkan saya dan mengatakan kepada saya tentang Mrs. Emiliana, Dia juga mendapat pinjaman dia dari Mrs. Emiliana. Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: irawatidianna@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    ReplyDelete
  2. Halo;

    Costomers yang terhormat

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita?

    Apakah Anda secara finansial stres atau apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri?

    Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda mengalami kesulitan untuk mendapatkan pinjaman dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya?

    Kami menawarkan pinjaman bebas stres, fleksibel dan mudah dalam bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !!

    Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin langsung dalam waktu 24 jam pengobatan.

    Kontak Email: Halimajamiuloancompany@gmail.com
    Terima kasih telah memilih kami.

    ReplyDelete
  3. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana mendapatkan saya oleh pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditur pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan saya untuk apa yang disebut pemberi pinjaman yang disebut Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan tingkat bunga 2%.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bisa berbagi kabar baik sehingga orang bisa mudah mendapatkan pinjaman tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete

emo-but-icon

Translate this blog!

Terpopuler

Update!

Komentar

Dapatkan Lebih Cepat

Friends Added

Total Pengunjung

Blog Archive

Sedang Hits

item