4 W 1 H – Intisari Pemasaran
http://kampusmilyarder.blogspot.com/2015/09/4-w-1-h-intisari-pemasaran.html
4 W 1 H – Intisari Pemasaran
Oleh : Jaya Setiabudi
Oleh : Jaya Setiabudi
Ilmu pemasaran dasar, sebenarnya menjawab 5 pertanyaan ini saja.
WHAT
Apa sih (spesifik) produk atau jasa yang Anda tawarkan?
Apa sih (spesifik) produk atau jasa yang Anda tawarkan?
WHO
Siapa target pasar spesifik Anda?
Semakin detail jawaban Anda, semakin mudah bagi Anda membidiknya. Kecuali Anda berada di lahan yang minim pesaing, silakan melebar. Gunakan saja hukum pareto >> 80% yang Anda bidik, sisanya anggap sebagai bonus.
Misalnya:
• wanita
• usia 25 – 35
• lulusan S1
• tinggal di Jabodetabek
• pengguna city car
• fans Agnes Monica, Tailor Swift
• dst
Semakin spesifik, semakin tajam bidikan Anda, semakin hemat energi dan biaya untuk iklan Anda. “Aim small miss small..”
Siapa target pasar spesifik Anda?
Semakin detail jawaban Anda, semakin mudah bagi Anda membidiknya. Kecuali Anda berada di lahan yang minim pesaing, silakan melebar. Gunakan saja hukum pareto >> 80% yang Anda bidik, sisanya anggap sebagai bonus.
Misalnya:
• wanita
• usia 25 – 35
• lulusan S1
• tinggal di Jabodetabek
• pengguna city car
• fans Agnes Monica, Tailor Swift
• dst
Semakin spesifik, semakin tajam bidikan Anda, semakin hemat energi dan biaya untuk iklan Anda. “Aim small miss small..”
WHERE
Dimana mereka biasa berkumpul? ‘Mereka’ yang dimaksud adalah Target Pasar Spesifik, tentunya. Bisa jadi di ‘sarang semut’ seperti perumahan tipe 45 dengan harga 300 – 500 juta atau ‘pengundang semut’ seperti indomart, alfamart. Bisa juga cegat di 'jalur semutnya’. Jalur berangkat atau jalur pulang? Jika mereka juga netizen, mancinglah di ‘tambak’ interest mereka alias akun social media si ‘anu’. ‘Where’ bisa banyak tempat berkumpul. Bidiklah dari tambak yang ‘tergemuk’ dahulu.
• perumahan
• kampus
• pabrik
• perkantoran
• frachise ternama
• komunitas
• pangkalan bus
• fanpage
• akun socmed
• website
• dll
Dimana mereka biasa berkumpul? ‘Mereka’ yang dimaksud adalah Target Pasar Spesifik, tentunya. Bisa jadi di ‘sarang semut’ seperti perumahan tipe 45 dengan harga 300 – 500 juta atau ‘pengundang semut’ seperti indomart, alfamart. Bisa juga cegat di 'jalur semutnya’. Jalur berangkat atau jalur pulang? Jika mereka juga netizen, mancinglah di ‘tambak’ interest mereka alias akun social media si ‘anu’. ‘Where’ bisa banyak tempat berkumpul. Bidiklah dari tambak yang ‘tergemuk’ dahulu.
• perumahan
• kampus
• pabrik
• perkantoran
• frachise ternama
• komunitas
• pangkalan bus
• fanpage
• akun socmed
• website
• dll
WHY
Kenapa mereka harus beli produk Anda? Berikan setidaknya 5 alasan baik rasional atau emosional yang tak terbantahkan. Jika Anda memiliki kompetitor atau produk pengganti, Apa kelebihan produk Anda dibanding lainnya? Sebaiknya bukan karena harga. Karena jika diferensiasi Anda hanya di harga, Anda akan mudah tergerus kompetisi.
Kenapa mereka harus beli produk Anda? Berikan setidaknya 5 alasan baik rasional atau emosional yang tak terbantahkan. Jika Anda memiliki kompetitor atau produk pengganti, Apa kelebihan produk Anda dibanding lainnya? Sebaiknya bukan karena harga. Karena jika diferensiasi Anda hanya di harga, Anda akan mudah tergerus kompetisi.
HOW
Bagaimana cara mengomunikasikan ke konsumen, sehingga mereka mau membeli? Diskon, promo hanyalah penarik sesaat untuk mencoba. Menanamkan positioning produk Anda di benak mereka adalah tujuan utama Anda.
Bagaimana cara mengomunikasikan ke konsumen, sehingga mereka mau membeli? Diskon, promo hanyalah penarik sesaat untuk mencoba. Menanamkan positioning produk Anda di benak mereka adalah tujuan utama Anda.
Pemasaran bukanlah seni mengelabuhi pelanggan, namun memuaskan pelanggan sekaligus menguntungkan perusahaan.
Kalau belum paham, baca perlahan aja. Namanya juga ringkasan 3 SKS. :D
Semoga bermanfaat.
Semoga bermanfaat.
Yuk daftar Kopdar Akbar Yubi Indonesia.
17 pengusaha muda yang akan buka-bukaan dengan Anda di:
Grand Hotel LEMBANG, 23 – 25 Oktober 2015.
17 pengusaha muda yang akan buka-bukaan dengan Anda di:
Grand Hotel LEMBANG, 23 – 25 Oktober 2015.
Hanya 200 pendaftar pertama yang mendapat harga termurah..!
Info lengkap, klik disini >> yuk.bi/t1b8cf / 0821-2120-4555
Info lengkap, klik disini >> yuk.bi/t1b8cf / 0821-2120-4555
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
ReplyDelete