RAUP 90 JUTA DALAM SEBULAN

RAUP 90 JUTA DALAM SEBULAN
Oleh : Jaya Setiabudi
Jujur, apa yang pertama kali terbesit di benak Anda, begitu membaca Judul diatas? Judul diatas adalah cuplikan dari sebuah artikel di web yang kami muat di blog Yukbisnis.com tahun 2006, sebelum Yukbisnis menjadi marketplace seperti sekarang.
Sungguh fenomenal memang, hanya dalam hitungan hari, artikel tersebut menduduki peringkat penge-KLIK terbanyak, bahkan diantara artikel lain yang lebih dahulu terbit. Saking penasarannya saya, sebagai pengasuh yukbisnis, iseng mengubah judul artikel-artikel yang sesungguhnya bagus, namun tidak banyak di-klik oleh pengunjung web.
Misalnya, artikel tentang Hendi Setiono, yang berjudul “Hendi Setiono, owner Kebab Turki Babarafi”, saya ubah judulnya menjadi “Usia 25 tahun, miliki 300 Outlet Kebab Turki”. Wush… dalam hitungan hari terjadi lonjakan pengunjung. Trafik yukbisnis dahulu gak seramai sekarang, jadi masih pakai hitungan hari :p.
Aneh tapi nyata, hanya karena judulnya diubah, pengunjungnya jadi naik drastis. Itulah psikologi ANGKA dan KATA. Kebanyakan orang lebih suka dengan kata ‘iming-iming’ yang bisa langsung diindera.
Kedua, orang selalu ingin jalan pintas untuk sukses. Padahal kalo diurut secara teliti lagi biografi mereka, bukannya jalan pintas yang mereka lalui. Berapa lama mereka melakukan uji coba dalam kondisi merugi, baik waktu maupun uang, sebelum mereka mendapatkan kesuksesan. Tapi itulah faktanya, kebanyakan orang tetap percaya dengan ‘jalan pintas’. Maka dari itu, para motivator yang paling laku adalah yang memberikan iming-iming jalan pintas.
Misalnya: “Dijamin uang mengalir dalam 15 menit”. Jika terbukti tidak mengalir, paling-paling si pembicara menyanggah dengan seloroh,”Syarat dan ketentuan berlaku” atau “Kurang sedekahnya..”. Preett, ketipu loe, hehe.
HEADLINE
Lepas dari janji-janji yang muluk, ambilah pelajaran,”Bagaimana menciptakan Judul atau Headline di iklan promosi usaha Anda, sehingga mengundang pembaca penasaran calon pembeli?”.
Jika Anda ingin menjual perawatan wajah untuk wanita single yang gak pede dan gak laku-laku, mana yang lebih laris:
• “Diskon 20% perawatan wajah alami”
• “Cantik dalam 30 hari”
• “Semua Lelaki akan Memandangmu”
• “Menjadikanmu Bingung Memilih Lelaki”
• “Dapat Jodoh dalam 30 hari”
• “Khusus: wanita yang gak laku” (sadiss)
Tentu didukung dengan visual (foto) yang menarik yaa..
Tapi jangan terburu gegabah menonjolkan angka atau janji-janji. Apalagi kalau angkanya terlalu besar, misalnya ada sebuah artikel true story tentang pendiri facebook, dengan judul “Usia 24 tahun, aset 13,5 triliun”, malah tidak seheboh artikel yang “Raup 90 juta…”.
Kenapa? Karena menginderakannya susah! Gak kebayang tuh seberapa besar ukuran duit 13,5 triliun. Ingat, headline boleh heboh, tapi isi beritanya juga harus sesuai dengan janjinya. Jika tidak, akan berdampak pada kepercayaan calon pelanggan pada Anda setelah itu.